Apa tugas BPS Jawa Barat? : Kompirasi

Data BPS Jawa Barat saat mengelola data kependudukan

 

Tahukah Anda sensus yang dilakukan oleh BPS Jawa Barat?   Beberapa orang mungkin pernah mendengar istilah ini, tetapi tidak banyak orang yang benar-benar mengerti apa artinya. Sensus adalah proses pengumpulan data dengan cara pencacahan setiap satuan penduduk dari seluruh wilayah Indonesia.

Biasanya, kegiatan sensus dilakukan untuk tujuan tertentu. Misalnya, mengetahui bagaimana tingkat perkembangan penduduk dalam hal pendapatan, pekerjaan dan jumlah anggota keluarga. Sensus ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik di daerah masing-masing dengan memasukkan petugas sensus untuk mengunjungi rumah warga.

Pada sensus 2020, kegiatan pencacahan data dilakukan secara daring yaitu, warga diberikan akses ke situs resmi sensus BPS untuk mengisi data. Kebanyakan orang mengikuti cara mengisi sensus digital ini, sedangkan sisanya, pencacahan offline dilakukan.

Sensus atau kehilangan jiwa ini merupakan tugas utama BPS. Ketika proses sensus selesai, akan diperoleh sejumlah penduduk yang datanya dapat digunakan untuk proses pemilu, pemungutan pajak atau penentuan kebijakan ekonomi negara. Biasanya sensus dilakukan untuk jangka waktu 10 tahun.

BPS merupakan otoritas non departemen dengan akuntabilitas langsung kepada presiden yang diatur cara kerjanya dan tugas pokoknya berdasarkan UU No. 16 Tahun 1997. Apakah Anda ingin tahu dan tahu lebih banyak tentang badan sensus nasional ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa tugas BPS Jawa Barat?

Tugas pokok Badan Pusat Statistik adalah melaksanakan tugas penghitungan dan pemerintahan kebidanan statistik lainnya yang diatur dengan undang-undang. Dalam pelaksanaan tugasnya, dilakukan beberapa langkah mulai dari mengisi, mengklasifikasikan, melaporkan data kepada presiden, dan kemudian kepada publik.

Data dari pusat statistik bersifat terbuka dan bersifat publik, Anda bisa mendapatkan layanan informasi data statistik nasional melalui situs resmi atau aplikasi BPS Jawa Barat.   Untuk informasi lengkap,  unduh di situs web resmi situs. Selain tugas utama di atas, ada fungsi badan statistik, yaitu:

  1. Melaksanakan kajian, menyusun rencana dan merumuskankebijakan di bidang statistika daerah dan nasional.
  2. Mengkoordinasikan kegiatan pencacahan mental baik secara regional maupun nasional.
  3. Membangun sistem statistik nasional.
  4. Menyediakan tenaga dan fasilitas untuk melakukan tugas menghitung jiwa.
  5. Melakukan pembinaan kepada instansi terkait sesuai bidang pekerjaannya dalam kegiatan statistik.
  6. Mengumpulkan data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna bagi pemerintah dan rakyat.
  7. Pengumuman hasil sensus, berupa pelaporan kepada presiden dan pengumuman resmi kepada masyarakat melalui BPS di masing-masing daerah

Dalam perkembangannya, tugas dan fungsi BPS berkaitan erat dengan perkembangan teknologi informasi. Pada umumnya komputer pribadi telah digunakan untuk menggantikan perekaman manual sehingga perekaman lebih mudah dan cepat dilakukan. Penggunaan internet juga membantu dalam transfer data dari wilayah ke pusat.

Informasi yang diterima di bawah skema pembayaran dasar

BPS Jawa Barat mengumpulkan dan mengelola informasi dari masyarakat di wilayah Jawa Barat. Informasi mengumpulkan segala sesuatu tentang populasi, mulai dari usia, status perkawinan, jumlah anak dan kerabat. Ini adalah informasi dasar dalam sensus.

Selain itu, data ketenagakerjaan, pendidikan, pendapatan dan berbagai isu yang berkaitan dengan perekonomian juga dikumpulkan sehingga data tersebut dapat digunakan oleh pemerintah untuk membentuk kebijakan ekonomi kerakyatan. Hasil dari data tersebut berupa perkembangan penduduk, situasi kemiskinan, pengangguran dan berbagai data lainnya.

Jika Anda membutuhkan informasi ini, Anda dapat memintanya langsung ke kantor BPS setempat atau menggunakan saluran online. Jika anda memilih untuk pergi langsung ke BPS Jawa Barat, anda bisa langsung menuju resepsionis dan mengisi buku tamu. Kemudian minta data yang diperlukan.

Selain itu, operator Digilib akan membantu Anda mencetak perpustakaan yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan permintaan soft copy dengan mengisi formulir permintaan. Layanan ko n sultation langsung ini dapat diakses pada jam kerja dari Senin hingga Jumat. Akan lebih mudah dan cepat jika Anda melampirkan surat.

Misalnya, data yang dibutuhkan untuk penelitian adalah di sekolah atau sebagai data disertasi, sehingga Anda perlu meminta sekolah atau kampus untuk memberikan surat lamaran. Kehadiran surat lamaran akan mempercepat proses penyediaan data dari skema dukungan dasar.

Jika tidak bisa langsung ke kantor, Anda bisa mengakses waktu penerbitan di website resmi BPS. Pada halaman ini Anda akan menemukan informasi statistik populasi dan dapat dipilih sesuai dengan tahun publikasi. Di bagian bawah judul publikasi ada tombol untuk mengunduh.

Pengolahan data yang dilakukan BPS Jawa Barat

Langkah pengolahan data merupakan langkah penting dalam menentukan seberapa tinggi akurasi dan akurasi data yang dihasilkan. Saat masih menjadi Badan Pusat Statistik, pengolahan data dilakukan secara manual menggunakan kalkulator dan sempoa sebagai alat perhitungan.

Kini pencatatan dan pengolahan data telah menggunakan metode modern, yaitu menggunakan komputer. Tepatnya, sejak 1960, kebijakan penggunaan komputer mulai diterapkan. Tetapi pada saat itu, perekaman data masih manual, dan kemudian dimasukkan ke dalam komputer.

Saat ini, semua rekaman dicoba langsung dengan bantuan perangkat komputer. Oleh karena itu, masyarakat pada sensus 2020 diminta untuk menyelesaikan sensus secara online, baik melalui website maupun aplikasi BPS Jawa Barat.   Apakah Anda juga berpartisipasi dalam sensus 2020?

Pengolahan data dengan bantuan komputer disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Pengolahan data akan lebih cepat dan efisien. Selain itu, mempercepat transfer data dari daerah ke pusat sehingga hasil sensus diperoleh dalam waktu yang lebih singkat.

Informasi Sensus MA nfaat dari BPS

Proses pencacahan penduduk dilakukan dalam waktu yang tidak bisa dikatakan singkat. Kalaupun sudah menggunakan sistem komputer, masih butuh waktu untuk mengumpulkan data seluruh penduduk Indonesia yang jumlahnya tidak sedikit. Setelah semua informasi dikumpulkan, dapat diolah menjadi data statistik yang berguna bagi pemerintah.

Apa keuntungan dari tugas-tugas tersebut? Ada tiga jenis data yang disajikan dari hasil pencacahan penduduk, yaitu data kependudukan sosial, ekonomi perdagangan, dan pertambangan. Seluruh hasil statistik dari BPS Jawa Barat dapat digunakan untuk membuat berbagai kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti:

  1. Pembangunan fasilitas umum dengan menyesuaikan jumlah penduduk dalam suatu wilayah.
  2. Pembangunan fasilitas pendidikan untuk menunjang generasi muda dalam memperoleh pendidikan yang layak.
  3. Penambahan fasilitas kesehatan khususnya di daerah-daerah yang masyarakatnya minim mendapat pelayanan kesehatan.
  4. Membuka lapangan kerja dan melatih industri kreatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.
  5. Berikan dukungan yang ditargetkan kepada orang miskin.
  6. Pembinaan dan pendidikan kewirausahaan.
  7. pengembangan kehutanan, perikanan, perkebunan dan peternakan dengan mengadaptasi jangkauan;
  8. bantuan kepada petani tanaman pangan dan hortikultura yang sesuai dengan peruntukannya dan berada di garis finish;

Jadi, tidak hanya untuk kebutuhan elektoral, sensus dilakukan, tetapi ada berbagai fungsi lain yang penting untuk pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan seluruh lapisan masyarakat akan membantu menyelenggarakan sensus.

Kantor statistik memiliki fungsi dan tugas nyata dalam hal mengelola data kependudukan regional dan nasional. Berbagai tugas penting yang dipegang oleh skema dukungan dasar di tingkat provinsi menjadi sangat signifikan dalam proses pengumpulan data. Dengan mengisi  formulir sensus BPS Jawa Barat, Anda telah membantu pemerintah mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

Read More :

Leave a Reply

Your email address will not be published.